YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 16 November 2014

Upaya Penegakan Etika

UPAYA PENEGAKAN ETIKA

Pelanggaran  etika profesi akuntan di perusahaan memang banyak,tetapi upaya untuk menegakan etik perlu digalakkan.Misalkan,perusahaan tidak perlu berbuat curang untuk meraih kemenangan.Hubungan yang tidak transparan dapat menimbulkan hubungan istimewa atau kolusi dan memberikan peluang untuk korupsi.Dari mana upaya penegakkan etika profesi akuntan dimulai? Etika profesi akuntan paling gampang diterapkan di perusahaan sendiri.
Pemimpin perusahaan memulai langkah ini karena mereka menjadi panutan bagi karyawannya.Selain itu,etika bisnis harus dilaksanakan secara transparan.Pemimpin perusahaan seyogyanya bisa memisahkan  perusahaan  dengan milik sendiri.Dalam operasinya,perusahaan mengikuti aturan berdagang yang diatur oleh tata cara undang­undang.Etika profesi akuntan tidak akan dilanggar jika ada aturan dan sangsi.Kalau semua tingkah laku salah dibiarkan, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan.Repotnya,norma yang salah ini akan menjadi budaya.Oleh karena itu bila ada yang melanggar aturan diberikan sangsi untuk memberi pelajaran kepada yang bersangkutan.
  1. Upaya yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk menegakkan budaya transparansi antara lain: Penegakkan budaya berani bertanggung jawab atas segala tingkah lakunya. Individu yang mempunyai kesalahan jangan bersembunyi di balik institusi. Untuk menyatakan kebenaran kadang dianggap melawan arus, tetapi sekarang harus ada keberanian baru untuk menyatakan pendapat. 
  2. Ukuran-­ukuran yang dipakai untuk mengukur kinerja jelas. Bukan berdasarkan kedekatan dengan atasan, melainkan  kinerja. 
  3. Pengelolaan sumber daya manusia harus baik 
  4. Visi dan misi perusahaan jelas yang mencerminkan tingkah laku organisasi.
Hal lain yang juga mempengaruhi seseorang berperilaku etis adalah lingkungan,yang salah satunya ialah lingkungan dunia pendidikan.Dunia pendidikan akuntansi juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap perilaku etis akuntan (Sudibyo,1995),oleh sebab itu perlu diketahui pemahaman calon akuntan (mahasiswa) terhadap masalah-­masalah etika,dalam hal ini berupa etika bisnis dan etika profesi akuntan yang mungkin telah atau akan mereka hadapi nantinya.Terdapatnya mata kuliah yang berisi ajaran moral dan etika sangat relevan untuk disampaikan kepada mahasiswa dan keberadaan pendidikan etika ini juga memiliki peranan penting dalam perkembangan profesi di bidang akuntansi di Indonesia

Sumber :
 https://www.academia.edu/5580099/Etika-profesi-perspektif-hukum-dan-penegakan-hukum-dr-h-fauzie-y-hasibuan-sh-mh-wakil-ketum-dpp-ikatan-advokat-indonesia

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar