YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Kamis, 04 Oktober 2012

bab1 pendahuluan

                                      EKONOMI KOPERASI
                                                                                       BAB 1
                                                                        Pendahuluan
KONSEP KOPERASI

       Konsep koperasi ada 3 yaitu :

 1.Konsep koperasi barat :
Yaitu merupakan organisasi ekonomi, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai kesamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbale balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi
         
 2.Konsep Koperasi Sosialis
Yaitu koperasi direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah dan dibentuk dengan tujuan merasionalkan produksi, untuk menunjang perencanaan nasional

 3.Konsep Koperasi Negara
Yaitu koperasi sudah berkembang dengan cirri tersendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembionaan dan pengembangannya

B.LATAR BELAKANG TIMBULNYA ALIRAN KOPERASI

 A.Keterkaitan Ideologi Sistem Perekonomian Dan aliran Koperasi

Perbedaan ideology suatu bangsa akan mengakibatkan perbedaan system perekonomiannya dan tentunya aliran koperasi yang dianutpun akan berbeda.Sebaliknya,setiap system perekonomian suatu bangsa juga akan menjiwai ideology bangsanya dan aliran koperasinyapun akan menjiwai system perekonomian dan ideology bangsa tersebut .

B.Aliran Koperasi

    Aliran Koperasi Ada 3 Yaitu :

 1.Aliran Yardstick
Dijumpai pada negara-negara yang berideologi kapitalis atau yang menganut perekonomian liberal.

 2.Aliran Sosialis
Koperasi di pandang sebagai alat yang paling efektif untuk mencapai kesejahteraan masyarakat, disamping itu menyatukan rakyat lebih mudah melalui organisasi koperasi.Pengaruh aliran ini banyak dijumpai di negara-negara eropa timur dan rusia.

 3.Aliran Persemakmuran (commontwealth)
Koperasi sebagai alat yang efisien dan efektif dalam meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat.
Koperasi sebagai wadah ekonomi rakyat berkedudukan strategis dan memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat.

3.SEJARAH PERKEMBANGAN KOPERASI
   
A.Sejarah Lahirnya Koperasi

Koperasi modern yang berkembang lahir pertama kali di inggris,yaitu dikota Roch Dale pada tahun 1844.Koperasi timbul dimasa perkembangan kapitalisme sebagai akibat revolusi industry.
Awalnya koperasi Roch Dale adalah sebuah usaha penyedia barang-barang konsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.Tahun 1852 jumlah koperasi di inggris sudah mencapai 100 unit.Tahun 1862 dibentuklah pusat koperasi pembelian”Coperative Whole sale society(CWS)”.Tahun1818-1888 koperasi berkembang di jerman yang dipelopori oleh Ferdinand Lasalle,Fredrich W.Raiffesen.Tahun 1808-1883 koperasi berkembang di Denmark yang dipelopori oleh Herman Schulze dan pada tahun 1896 di London terbentuklah ICA (International Coperative Allience) maka koperasi telah menjadi suatu gerakan international.

B.Sejarah Perkembangan Koperasi Di Indonesia

Menurut Drs. Muhammad Hatta (Bapak Koperasi Indonesia) koperasi adalah lembaga ekonomi yang sangat cocok di Indonesia karena sifat masyarakat yang kekeluargaan. Koperasi dikenalkan di Indonesia oleh R. Aria Wiriatmadja di Purwokerto, Jawa Tengah pada tahun 1896. Dia mendirikan koperasi kredit dengan tujuan membantu rakyatnya yang terjerat hutang dengan rentenir. Koperasi tersebut lalu berkembang pesat dan akhirnya ditiru oleh Boedi Oetomo dan SDI. Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.

Keputusan penting dalam kongres I antara lain :
a)Mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya.

b)Mengajukan berdirinya “Koperasi Desa” dalam rangka mengatur perekonomian pedesaan.

c)Menetapkan tanggal 12 Juli sebagai hari koperasi







                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar