YayBlogger.com
BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 01 November 2011

BAB.1 RUANG LINGKUP BISNIS


1.pengertian dan jenis-jenis bisnis
Pengertian :bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Ref:Sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
Jenis-jenisnya :
-bisnis barang
-bisnis jasa
-bisnis transportasi
2.Tujuan kebijakan bisnis :
Tujuan bisnis tidak lebih dan tidak lain adalah memperoleh keuntungan karena semua orang yang berbisnis mulanya berawal dari fikiran-fikiran dan keinginan mereka untuk memperoleh keuntungan sehingga muncul inisiatif untuk menjalankan bisnis dari keinginan mereka tersebut.
Meskipun tujuan utama mereka adalah memperoleh keuntungan namun hal tersebut bukan berarti bahwa mereka tidak mempunyai tujuan lain selain tujuan tersebut, masih banyak tujuan-tujuan para pembisnis yang ingin mereka raih dan tujuan antara satu dan yang lainya bisa saja berbeda. Tujuan lain yang ingin dicapai oleh pelaku bisnis itu diantaranya :
-Ingin mencukupi berbagai kebutuhannya
-Untuk memakmurkan keluarga
-Ingin namanya dikenal banyak orang
- Karena ingin menjadi penerus usaha keluarg
-Ingin mencoba hal baru
-Ingin memanfaatkan waktu luang
-Ingin mempunyai usaha sendiri dan tidak bekerja pada orang lain.
-Ingin mendapat simpati. Dsb.
Meskipun tujuan-tujuan seperti diatas telah mereka capai, namun mereka akan terus memiliki keinginan-keinginan lain dan keinginan itu bisa saja menjadi bagian dari tujuan bisnis mereka. Karena bagaimanapun juga keinginan dan kebutuhan tiap orang akan terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan jika keinginan yang mereka miliki akan mereka jadikan tujuan bisnis yang mereka ciptakan.
Ref : katabagikita.blogspot.com

3. Sistem perekonomian dan sistem pasar

1.Sistem perekonomian adalah sistem yang di gunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

2.  Perekonomian pasar
    perekonomian pasar bergantung pada kapitalis dan liberalisme untuk menciptakan suatu lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli brang yang mereka inginkan
 a. Sistem perekonomian kapitalis
    Sistem perekonomian kapitalis adalah sistem perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian
  b. Sistem perekonomian liberalis adalah suatu filosofi ekonomi dan politik
ref: Dimas story. HTTP/d1maz.blogspot.com

4.Kesempatan bisnis/ usaha

kumpulan peluang bisnis dan peluang usaha tahun 2011 untuk Anda. Memuat informasi aneka peluang bisnis dan peluang usaha 2011 yang lagi booming (ramai) dan memiliki peluang untuk berkembang di masa yang akan datang.
Contoh kesempatan usaha pada makanan :

 5.unsur-unsur penting dalam aktifitas ekonomi
      Aktifitas ekonomi memerlukan 3 unsur yaitu:
  1. Keinginan manusia
  2. Faktor-faktor produksi
  3. Cara berproduksi
    Ref : Pengantar bisnis oleh M.Fuad, DKK. HTTP/Books.google.com

6.hakekat bisnis
Dalam dunia bisnis internet service provider ada dua hal pokok yang perlu diperhatikan bagi para pengelola bisnis tersebut. yaitu antara penyedia layanan (pelayan) dan pembeli layanan (customer).
Nah dengan berbekal 2 hal tersebut kita akan memahami 5 W + 1 H (akan dibahas kemudian) dalam menjalankan bisnis tersebut (khsususnya bagi pelaku bisnis). Ketika sebagai pelaku bisnis, mengetahui kedudukan bisnis dalam hubungan dengan konsumen, maka akan semakin mudah untuk mengejawantahkan kebutuhan para konsumen kedalam suatu produk bisnis. Namun jika kita arogan sebagai pebisnis (produsen jasa) lambat laun konsumen akan kita semua.
ref: djuhendi70.wordpress.com
7.alasan mengapa belajar bisnis

- supaya kita lebih memahami arti bisnis itu apa

- supaya kita bisa membuka perusahaan

- biar lebih cepat bekerja sama dengan pembisnis lainnya .

-dan juga dapat mengetahui keuntungan dan kerugian suatu usaha .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar